Shuhuf Ibrahim: Perbedaan revisi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
k (1 revisi diimpor)
reza>Bebasnama
(Bebasnama memindahkan halaman Shuhuf Ibrahim ke Suhuf Ibrahim)
 
Baris 1: Baris 1:
{{Ibrahim}}
+
#ALIH [[Suhuf Ibrahim]]
{{Contains Arabic text}}
 
{{Contains Hebrew text}}
 
'''Shuhuf Nabi Ibrahim''' ({{lang-ar|صحف إبراهيم}}, ''Ṣuḥuf ʾIbrāhīm'') adalah bagian dari salah satu ''[[Shuhuf]]'' atau lembaran suci yang diyakini umat [[Islam]] sebagai lembaran-lembaran yang diturunkan oleh [[Tuhan dalam Islam|Allah SWT.]] kepada [[Nabi Ibrahim]], untuk disampaikan kembali kepada umatnya.
 
== Latar belakang ==
 
 
 
Dalam dua ''[[surah]]'' terutama dalam surah-surah [[Makkiyah]], Shuhuf merujuk pada 'Daun, Gulungan, Journal' . Namun [[Abdullah Yusuf Ali]] dan [[Marmaduke Pickthall]] - mengartikan bahwa '''''Shuhuf''''' sebagai "Kitab-kitab Ibrahim dan Musa".<ref>''A-Z of Prophets in Islam and Judaism'', B. M. Wheeler, ''Abraham''</ref>.<ref>''Tafsir'' and Commentary on 87: 18-19 & 53: 36-37, Abdullah Yusuf Ali and Muhammad Asad</ref>
 
 
 
 
 
== Pandangan Al Qur'an ==
 
Dalam [[Al Qur'an]], Allah SWT menjelaskan mengenai rangkuman isi dari shuhuf Ibrahim dan [[Shuhuf Musa]]. Firman Allah SWT:
 
{{quote|Oleh sebab itu berikanlah peringatan, karena peringatan itu  bermanfaat.<br>Orang yang takut (kepada Allah) akan mendapat pelajaran.<br>Dan orang yang celaka (kafir) akan menjauhinya,<br>(yaitu) Orang yang akan memasuki api yang besar ([[Neraka]]),<br>Selanjutya dia disana tidak mati dan tidak hidup.<br>Sungguh beruntung orang yang menyucikan diri (dengan beriman),<br>Dan megingat nama Tuhannya, lalu dia [[shalat]].<br>Sedangkan kamu (orang-orang kafir) memilih kehidupan dunia;<br>Padahal kehidupan akhirat itu lebih baik dan lebih kekal.<br>Sesungguhnya ini terdapat dalam kitab-kitab yang dahulu,-<br>(yaitu) Kitab-kitab Ibrahim dan Musa.|Al Qur'an ([[Surah Al-Ala]]), [[Ayat]] 9-19<ref>{{cite quran|87|9|e=19|s=ns}}</ref>}}
 
 
 
Dalam bagian Al Qur'an yang lain, tepatnya dalam [[Surah An-Najm]] juga menjelaskan mengenai Shuhuf Ibrahim dan [[Shuhuf Musa|Musa]] :
 
 
 
{{quote|Ataukah belum diberitakan (kepadanya) apa yang ada dalam lembaran-lembaran Musa?<br>Dan (lembaran-lembaran) Ibrahim yang selalu menyempurnakan janji?<br>(yaitu) bahwa seseorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain;<br>Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya;<br>Dan sesungguhnya usaha  mereka akan diperlihatkan (kepadanya):<br>Kemudian akan diberi balasan kepadanya dengan balasan yang paling sempurna;<br>Dan sesungguhnya kepada Tuhanmulah kesudahannya (segala sesuatu);<br>Dan sesungguhnya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis;<br>Dan sesungguhnya Dialah yang mematikan dan menghidupkan.<br>Dan sesungguhnya Dialah yang menciptakan pasangan laki-laki dan perempuan,<br>Dari air mani, apabila dipancarkan;<br>Dan sesungguhnya Dialah yang menetapkan penciptaan yang lain (kebangkitan setelah mati).<br>Dan sesungguhnya Dialah yang memberikan kekayaan dan kecukupan.<br>Dan sesungguhnya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang ''Syi'ra''.<br>Dan sesungguhnya Dialah yang telah membinasakan  [[kaum Ād]] dahulu kala,<br> dan [[kaum Tsamud]], tidak seorangpun yang ditinggalkan-Nya.<brDan kaum [[Nuh]] sebelum itu. Sungguh, mereka adalah orang-orang yang paling zalim dan paling durhaka,<br>Dan prahara angin yang telah meruntuhkan  ( [[Sodom]] dan [[Gomorrah]]).<br>Lalu menimbuni negeri itu dengan (puing-puing) yang menimpanya.<br>Maka terhadap nikmat Tuhanmu yang manakah yang masih kamu ragukan?<br>Ini (Muhammad) salah seorang pemberi peringatan di antara para pemberi peringatan yang telah terdahulu<br>Yang dekat ([[Akhir zaman|hari kiamat]]) telah makin mendekat;<br>Tidak ada yang dapat mengungkapkan (terjadinya hari itu) selain Allah.<br>Maka apakah kamu merasa heran terhadap pemberitaan ini?<br>Dan kamu tertawakan dan tidak menangis?<br>Maka bersujudlah kepada Allah, dan sembahlah (Dia)!|Al  Qur'an ([[Surah An-Najm]]), ayat 36-62<ref>{{cite quran|53|36|e=62|s=ns}}</ref>}}
 
 
 
== Identifikasi ==
 
Beberapa kalangan menduga bahwa Shuhuf Ibrahim merujuk kepada [[Sefer Yetzirah]], yang juga diturunkan kepada [[Nabi Ibrahim]] dalam sebelumnya telah berkembang dalam tradisi [[Yahudi]].<ref name=Jewish>{{Jewish Encyclopedia|inline=1|title=YEẒIRAH, SEFER|url=http://www.jewishencyclopedia.com/articles/13386-sefer-yezirah|accessdate=16 April 2013}}<br></ref>
 
Telah dinyatakan sebagai sebuah jawaban oleh Allah SWT dari seorang [[Yahudi]] yang menanyakan kepada Nabi Muhammad SAW tentang cerita pada masa lalu. Allah kemudian menurunkan Surah Al Kahfi ayat 22 yang artinya :
 
{{quote|...Karena itu janganlah engkau (Muhammad) perbantahan lahir saja dan jangan engkau menanyakan tentang mereka (pemuda-pemuda Ashabul Kahfi) kepada siapa pun itu.|Al Qur'an, [[Surah Al-Kahfi]], ayat 22<ref>{{cite quran|18|22|s=ns}}</ref>}}
 
Alasan Tuhan memberitahukan kisah ini adalah untuk menyatukan dan menyelesaikan perselisihan yang terjadi saat itu, serta untuk menjawab kepastian dari ayat ke 13 :
 
{{quote|Kami ceritakan kepadamu ([[Muhammad]]) kisah mereka dengan sebenarnya. Sesungguhnya mereka adalah pemuda-pemuda yang beriman kepada Tuhan mereka, dan Kami tambahkan petunjuk kepada mereka.|Quran, [[Surah Al-Kahfi]], ayat 13<ref>{{cite quran|18|13|s=ns}}</ref>}}
 
Untuk rujukan pemakaian shuhuf ini [[Abu Hurairah]] meriwayatkan dalam suatu Hadits:
 
{{quote|Masyarakat yang memiliki naskah (Orang Yahudi) digunakan untuk menceritakan kembali [[Taurat]] dalam [[bahasa Ibrani]] dan mereka menerangkan kepada orang Muslim dengan menggunakan [[bahasa Arab]] . Rasulullah bersabda, "Jangan percaya pada naskah atau kepada mereka, tetapi katakanlah: Kami hanya percaya kepada Allah dan apa yang diterangkannya pada kami".|Sahih al-Bukhari, Buku 6, Volume 60, Hadits 12}}
 
 
 
Dalam pemakaiannya, umat [[Islam|Muslim]] sudah tidak lagi memakai Shuhuf Ibrahim sebagai pedoman hidup, juga tidak memakai kitab terdahulu atau sesudahnya seperti Kitab [[Taurat]], [[Zabur]], [[Injil]], ataupun [[Shuhuf]] [[Syits]] dan [[Shuhuf Musa|Musa]] .<ref name="Friedmann 2003, p. 35">Friedmann (2003), p. 35</ref>
 
 
 
== Referensi ==
 
{{reflist}}
 
 
 
=== Ensiklopedia Bibliografi Yahudi ===
 
* Edisi dan terjemahan
 
** ''[[Editio princeps]]'':
 
*** [[Mantua]], 1562; [http://hebrewbooks.org/11726 HebrewBooks.org Sefer Detail: ספר יצירה -- מיוחס לאברהם אבינו]
 
** other important editions:
 
*** [[Amsterdam]], 1642;
 
*** [[Zolkiev]], 1745;
 
*** [[Korzec]], 1779;
 
*** [[Istanbul|Constantinople]], 1791;
 
*** [[Grodno]], 1806 (five commentaries); [http://hebrewbooks.org/39079 Sefer Detail: ספר יצירה -- ספר יצירה. תקס"ו. הורדנה.]
 
*** [[Warsawa]], 1884 (nine commentaries);
 
*** [[Lazarus Goldschmidt|Goldschmidt]], [http://hebrewbooks.org/38083 ''Das Buch der Schöpfung . . . Kritisch Redigirter Text''], [[Frankfort-on-the-Main]], 1894 (the edition, however, by no means represents a critical text).
 
** Terjemahan:
 
*** [[Bahasa Latin]]:
 
**** Postell, ''Abraham Patriarchœ Liber Iezirah'', [[Paris]], 1552;
 
**** Pistor, ''Liber Iezirah'', in ''Ars Cabalistica'', [[Basel]], 1557;
 
**** [[Johann Stephan Rittangel|Rittangel]] in the Amsterdam edition of 1642;
 
*** [[Bahasa Jerman]]:
 
**** {{de}}Johann F. von Meyer, ''Das Buch Yezira'', [[Leipzig|Leipsic]], 1830;
 
*** [[Bahasa Inggris]]:
 
**** {{en}}[[Isidor Kalisch|I. Kalisch]], ''A Sketch of the Talmud'', [[New York]], 1877;
 
**** {{en}}[[William Wynn Westcott|W. W. Westcott]], [http://www.sacred-texts.com/jud/yetzirah.htm ''Sepher Yezirah''], [[London]], 1893;
 
*** [[Bahasa Prancis]]:
 
**** {{fr}}Karppe, ''Etude sur les Origines . . . du Zohar'', pp. 139-158, Paris, 1901.
 
* Literatur:
 
** [[David Castelli|Castelli]], ''Il Commento di Sabbatai Donnolo'', [[Florence]], 1880;
 
** [[Abraham Epstein|Epstein]], ''Studien zum Jezira-Buche'', in ''[[Monatsschrift für die Geschichte und Wissenschaft des Judenthums|Monatsschrift]]'', xxxvii.;
 
** idem, ''Pseudo-Saadia'', ib.;
 
** idem, ''Recherches sur le Sefer Yeçira'', in ''R. E. J.'' xxviii.-xxix. (both articles also published separately);
 
** idem, in ''Monatsschrift'', xxxix. 46-48, 134-136;
 
** [[Heinrich Graetz|Grätz]], ''Gnosticismus und Judenthum'', pp. 102-132, [[Breslau]], 1846;
 
** [[Adolphe Franck|Franck]], ''La Kabbale'', pp. 53-66, 102-118, Paris, 1843 (German translation by [[Adolf Jellinek|Jellinek]], pp. 57-65, Leipsic, 1844);
 
** Hamburger, ''R. B. T.'' Supplement, iii. 98-102;
 
** Jellinek, ''Beiträge'', i. 3-16;
 
** [[S:Jewish Encyclopedia/Rosenthal, Joseph|Rosenthal]], in ''Keneset Yisrael'', ii. 29-68;
 
** [[Moritz Steinschneider|Steinschneider]], in [[Abraham Berliner|Berliner]]'s ''Magazin'', xix. 79-85;
 
** idem, ''Cat. Bodl. cols.'' 552-554;
 
** [[Joseph Zedner|Zedner]], ''Cat. Hebr. Books Brit. Mus.'' p. 13;
 
** [[Julius Fürst|Fürst]], ''Bibl. Jud.'' i. 27-28;
 
** [[Wilhelm Bacher|Bacher]], ''Die Anfänge der Hebräischen Grammatik'', pp. 20-23, Leipsic, 1895.
 
 
 
{{Kitab Allah}}
 
 
 
[[Kategori:Islam]]
 
[[Kategori:Ibrahim]]
 

Revisi terkini pada 27 Maret 2020 12.10

Mengalihkan ke: