Daşoguz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ingin Pasang Iklan di Superpedia ? Kontak kami di 081213208078
Daşoguz

dikenal dengan nama Tashauz
Lokasi di Turkmenistan
NegaraFlag of Turkmenistan.svg Turkmenistan
ProvinceProvinsi Daşoguz
Pemerintahan
 • Wali kotaMammetnyyaz Owezovic Nurmammedov[1]
Ketinggian
88 m (289 ft)
Populasi
 (2004)
 • Total210.000
Zona waktuUTC+5

Daşoguz yang sebelumnya dikenal dengan nama Tashauz merupakan sebuah kota di bagian utara Turkmenistan dan juga ibu kota dari Provinsi Daşoguz. Nama kota ini diambil dari bahasa Turkmen yang berarti Batu Musim Semi.

Geografis

Kota ini berada pada ketinggian 88 meter di atas permukaan laut. Letaknya berada di bagian utara Turkmenistan dan berjarak sekitar 76.7 km dari kota Nukus di Uzbekistan serta sekitar 460 km dari ibu kota Ashgabat. Kota ini memiliki sebuah danau, Danau Sarykamysh di mana terdapat sekitar 65 jenis ikan di dalamnya.

Demografi

Daşoguz dihuni oleh sekitar 166.500 jiwa penduduk (perkiraan sensus 1999) yang didominasi oleh etnis Turkmen, Uzbek dan juga sebagian kecil etnis minoritas Rusia, Korea, Karakalpak dan Tatar. Sebagian besar dari mereka yang dipaksa untuk pindah oleh mantan Presiden seumur hidup Saparmurat Niyazov, saat ini telah kembali tinggal di tanah mereka[2].

Sejarah

Pada awalnya, kota ini pernah terkenal sebagai tempat persinggahan bagi para pedagang yang melalui Jalur Sutra, karena kota ini memiliki musim semi yang sesuai dengan namanya[3]. Pada awal abad ke-19, Kekaisaran Rusia mulai membangun sebuah benteng pertahanan di kota ini. Kota modern Daşoguz pun berkembang pada masa Uni Soviet, mulai dari berbagai monumen dan museum yang berperan untuk pusat pemerintahan lokal maupun pusat kebudayaan.

Transportasi

Bandar Udara Daşoguz melayani rute yang menghubungkan kota ini dengan berbagai kota di Turkmenistan, seperti Ashgabat, Mary, Turkmenabat, Balkanabat, Türkmenbaşy oleh maskapai penerbangan Turkmenistan Airlines.

Rujukan